Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Draft Novel Jane Austin Laku Rp13,6 Miliar

Written By Boy on Jumat, 15 Juli 2011 | 16.34

Novelis kenamaan Inggris abad ke 18, Jane Austin 
Sebuah draft novel milik penulis Jane Austen berhasil dilelang dengan harga 993.250 poundsterling atau sekitar Rp13,6 miliar. Angka ini tiga kali lipat lebih besar dari kisaran harga semula.

Dilansir dari laman BBC, Jumat, 15 Juli 2011, balai lelang Sotheby's di kota London, Inggris, awalnya menaksir draft tersebut terjual dengan harga sekitar 200,000-300,000 poundsterling (sekitar Rp. 2,7 miliar - Rp. 4,1 miliar). Namun, mereka terkejut saat seseorang menawar dengan harga yang fantastis.

Belakangan baru diketahui bahwa perpustakaan Bodleian di Oxford adalah pemenang lelang. Perpustakaan ini mendapatkan bantuan dana hibah dari National Heritage Memorial Fund sebesar 894,700 poundsterling (sekitar Rp12,3 miliar) guna memenangkan lelang.

Draft novel milik Austen yang dilelang berjudul The Watsons. Ditulis sekitar tahun 1804, The Watsons berkisah tentang seorang gadis muda yang pulang untuk tinggal bersama sang ayah setelah selama ini dirawat oleh sang bibi yang kaya raya. 

Setiap halaman yang ditulis tangan ini dihiasi oleh coretan, perbaikan, dan catatan tambahan di sela-sela beberapa barisnya. Penemuan The Watsons dianggap penting karena melengkapi penemuan draft novel Austen lain yang sebelumnya juga terjual lewat lelang.

Menurut juru lelang Sotheby's, Gabriel Heaton, manuskrip ini sangat informatif karena sudah dikerjakan lumayan banyak. "Kami sangat senang karena manuskrip dari karya awal Jane Austen berhasil terjual hari ini," kata Heaton.

Jane Austen adalah seorang novelis kenamaan abad ke 18 asal Inggris yang menulis enam novel lengkap seumur hidupnya. Wanita Inggris ini meninggal dalam usia 41 tahun karena sakit. Karyanya yang paling terkenal adalah Pride and Prejudice.

0 komentar:

Posting Komentar